Thursday, September 25, 2014

Yuk, Kenali Budaya Salaman dan Sapaan di 16 Negara Berikut

Foto : truly-france.blogspot.com
Econers, jika Anda berencana untuk melakukan traveling ke luar negeri, maka Anda pastinya akan melakukan tegur sapa dengan masyarakat lokal. Nah, tidak semua budaya salaman di sejumlah negara sama. Bahkan, ada sejumlah gaya yang aneh, seperti meludah, berciuman hidung, hingga menempelkan lidah. Nah, Anda perlu mengenalnya lebih jauh. 



1. Menempelkan lidah di Tibet

Tradisi menyapa di Tibet ini sedikit aneh, yaitu saling menempelkan lidah. Ini menunjukkan rasa hormat kepada orang lain dan meyakini bahwa mereka bukanlah reinkarnasi dari penguasa kejahatan atau raja berlidah hitam.



2. Jabat tangan tiga kali di Botswana


Botswana memiliki jabat tangan tradisional yang sedikit berbeda, yaitu tiga tahapan. Pertama, posisi jabat tangan ala Barat. Kedua belah pihak kemudian menggoyangkan tangan ke bawah sekali, kemudian memindahkan ibu jari dalam posisi saling bertautan, sedangkan lengan diputar ke atas untuk membentu sudut siku-siku. Setelah itu, gerakan ketiga adalah saling menggenggam kedua tangan, diikuti oleh satu goyangan akhir dengan jempol masih saling bertautan.
3. Salam di Malaysia

Ucapan salam di Malaysia dimulai dengan kedua orang menggenggam tangan dan berakhir dengan menempatkan telapak tangan mereka di dada.


4. Jabat tangan kilat di China


Jabat tangan di China sangat cepat dan kilat. Saking cepatnya, Anda tidak akan sempat menatap ke arah orang yang Anda salami.




5. Sungkem di Indonesia

Rakyat Indonesia, khususnya warga Pulau Jawa akan melakukan sungkem kepada orang yang mereka hormati. Ini juga menunjukkan rasa hormat.

6. Hada di Mongolia

Mongolia menyambut tamu dengan memberikan mereka strip sutra atau katun yang disebut hada.



7. Meludah di Maasai

Orang-orang dari Suku Maasai akan saling meludahi tamu mereka untuk saling menyapa satu sama lain.




8. Sogi di Polynesia

Warga Pulau Polynesia di Tuvalu akan saling menyapa dengan menekan hidung mereka bersama-sama sekaligus saling menghirup napas masing-masing.

9. Membungkukkan badan di Jepang

Orang-orang di Jepang menyapa orang lain dengan membungkukkan tubuh pinggang ke atas. Tidak ada saling menyentuh tangan atau hidung.




10. Hongi di Selandia Baru

Sapaan tradisional Suku maori melibatkan dua orang yang saling bersentuhan hidungnya dan saling berbagi napas kehidupan.




11. Menekan jempol di Zambia

Alih-alih berjabat tangan, orang-orang Zambia akan menekan jempol mereka bersama-sama ketika menyapa orang lain.




12. Kunik di Inuit

Orang-orang Inuit akan menyapa orang lain dengan menekan hidung dan bibir atas mereka.




13. Bertepuk tangan di Zimbabwe

Orang-orang dari Zimbabwe akan bertepuk tangan untuk menyapa orang lain atau ketika berpisah dengan orang lain. Pria akan cenderung menjaga posisi tepuk tangannya datar, sedangkan perempuan membentuk tangannya seperti cangkir.




14. Menepuk punggung di Yunani

Banyak orang Yunani yang menyapa dengan saling menepuk punggung masing-masing dari belakang.




15. Ciuman hidung di Oman

Pria Oman menyapa satu sama lain dengan saling berciuman hidung ke hidung sebanyak beberapa kali.




16. Wai di Thailand

Orang Thailand menyapa orang lain dengan menempatkan tangan mereka dalam posisi doa di dada, kemudian mereka akan membungkuk. Semakin tinggi posisi tangan, maka semakin hormat gerakan itu. 




Sumber : Viral Nova

1 comment:

  1. wahh salam atau sapaan ternyata ada yang saling meludah ya, mungkin itu sudah tradisi di negara itu sendiri..

    ReplyDelete