Wednesday, January 14, 2015

Soldatenkaffee, Restoran Bertema Nazi di Bandung


Selama masa Perang Dunia II, tentara Jerman dulu sering datang ke kafe yang disebut Soldatenkaffee (Soldier Cafe), restoran bertemakan Nazi di Paris, Prancis. Restoran dan kafe versi aslinya ini mungkin tidak ada lagi saat ini. Namun, nama yang sama dibuka lagi di Bandung, Jawa Barat, kota terbesar ketiga di Indonesia. 

Soldatenkaffee di Bandung ini dibuat dengan dekorasi unik, penuh dengan potret Adolf Hitler menempati dinding-dinding restoran dan juga menonjol di atas perapian. Ada juga beberapa memorabolia Nazi, termasuk third reich, swastika, poster, bendera, dan propaganda berbau Nazi.




Beberapa kutipan terbaik dari Fuhrer juga dicetak di dinding. Para pelayan restoran melayani pengunjung yang memesan makanan dengan mengenakan Waffen SS, seragam Nazi lengkap dengan ban di lengannya. Meski demikian, pemilik restoran ini, Henry Mulyana menampik bahwa restoran ini bertemakan Nazi.

"Tema kafe ini adalah Perang Dunia II," kata Henry.

Restoran ini pertama kali dibuka pada 2011 dan sepertinya memicu kemarahan global. Henry terpaksa menutupnya sementara sebab dia mendapatkan ancaman dibunuh. Henry juga dipanggil pihak berwenang untuk menjelaskan motifnya mendirikan restoran itu.

Henry menjelaskan bahwa dia sama sekali tidak pro-Nazi, namun dia hanya memilih tema restoran yang mudah diingat oleh pelanggannya. 

"Kontroversi itu selalu ada, tergantung pada sisi mana Anda melihatnya. Saya melihat Nazi tidak melakukan pembantaian. Tidak ada bukti Nazi bertanggung jawab atas Holocaust," kata Henry.

Soldatenkaffee tutup selama tiga tahun dan baru dibuka lagi pada Juni 2014 dengan perbaikan dan suasana yang tidak terlalu kental dengan Nazi. Sekarang, restoran itu dilengkapi dengan gambar Stalin dan Churchill, juga manekin yang mengenakan seragam militer berbeda, dari Inggris, Prancis, Amerika, Jepang, dan juga Belanda.


"Kami memiliki banyak pelanggan dari Eropa dan mereka tak ada masalah dengan tema Perang Dunia II ini sebab ini dilihat dari perspektif sejarah," kata Henry.

Pengetahuan tentang Holocaust dan era Nazi tidak meluas di Asia Tenggara seperti di Barat. Berikut adalah foto dari restoran asli Soldatenkaffee tahun 1940 di Paris, tepatnya di dekat Gereja Madeleine.



Sumber: Amusing Planet

1 comment: