Friday, September 26, 2014

10 Desain Kreatif Untuk Mempercantik Ruangan Kecil Rumah Anda

Foto : Boholmain
Econers, mulai dari solusi penyimpanan yang cerdas hingga pembagian yang sederhana bisa menjadi solusi untuk memanfaatkan ruangan kecil di rumah Anda supaya tetap bisa tampil cantik. Berikut adalah 10 desain kreatif untuk mempercantik ruangan kecil Anda di rumah. 

1. Kombinasi ruang dapur dan ruang makan


Lemari dapur bisa memiliki fungsi banyak. Desain John Gidding di gambar ini ingin memisahkan ruang dapur dari ruang makan, namun tetap menjaga seluruh ruangan terbuka dan lapang.

Dengan menambahkan dinding pemisah yang kecil, ia mampu mengubah dapur kecil ini menjadi dua kamar terpisah. Plus, rak lantai ke langit-langit adalah tempat yang sempurna untuk menyimpan dan menampilkan item favorit Anda, misalnya gelas-gelas cantik.

2. Ruang kerja kreatif


Ketika berhadapan dengan kamar tidur yang kecil, jangan biarkan ada ruang ekstra yang tidak terpakai. Desainer Brian Patrick Flynn membagi sudut antara dua lemari kecil ini menjadi workstation sederhana dan efisien.

Menambahkan rak di atas meja memberikan ruang ekstra untuk menampilkan buku-buku Anda. Sebab, mejanya dibangun di dinding, sehingga tidak memakan ruangan dan menyisakan jalan terbuka di ruangan tidur Anda. 

3. Penyimpanan di kamar mandi

Rak dinding sempit adalah cara terbaik untuk menyimpan barang-barang penting, namun tetap bergaya. Tempatkan tabung yang menarik, ditambahkah penyeka dan kapan, serta lotion favorit Anda. Maka, kamar mandi Anda akan sedap dipandang mata.

Anyaman keranjang kecil juga bisa ditempatkan di rak-rak ini sebagai tambahan. Desain ini dirancang oleh John Gidding.

4. Ruang serba guna


Terkadang, ruang serba guna tak bisa dihindari harus tetap ada di rumah, kantor, bahkan kamar tidur Anda. Untuk membuatnya berkelas, Anda bisa menggunakan dinding sekitarnya.

Desainer John Gidding menciptakan unit meja sederhana dan menambahkan koleksi rak di atasnya untuk tempat penyimpanan barang-barang yang diperlukan. Ini terhubung ke meja, maka gaya tempat tidur Murphy ini bisa dengan mudah menarik tamu Anda sesekali. Pada siang hari, Anda bisa menyimpan tempat tidur Anda dan menjadikannya sebagai ruang kerja kreatif nan luas. 

5. Pencahayaan yang tepat


Untuk membuat ruang Anda terlihat lebih besar, hindari menggunakan warna gelap. Ruang eklektik ini memiliki dinding yang fokus ke warna abu-abu. Namun sisi cahayanya dipertahankan dengan memasang mebel putih. 

6. Pasang tirai tipis


Tirai tipis adalah cara bagus untuk membagi dua spasi. Desainer Vanessa DeLeon menggabungkan tirai sutra bergaya Asia untuk menambahkan elemen visual yang dramatis. Tujuannya adalah memisahkan antara ruang tamu dengan ruang makan. 

7. Di bawah tangga


Setiap ruangan bisa ditingkatka fungsinya menjadi tempat penyimpanan. Desainer John Gidding menambahkan unit rak di bawah tangga untuk mengambil keuntungan mendapatkan ruangan ekstra. 

Ruangan ini berdekatan dengan dapur, dan ia menjadikannya sebagai mini bar. Rak ini akan menjadi tempat ideal untuk menampilkan koleksi buku Anda yang melimpah.

8. Jendela


Untuk membuat ruangan kecil tampak lebih luas, maka tambahkan sesuatu ke langit-langit jendela Anda. Ruangan eklektik ini memiliki langit-langit ekstra tinggi, meskipun spasinya kecil. 

Selain sederhana, cara ini otomatis menarik pandangan orang yang melihatnya untuk memperhatikan dinding Anda. Desain ini dibuat oleh Lori Dennis. 

9. Lemari mainan atau buku


Apakah Anda memiliki anak-anak kecil dengan banyak mainan? Atau, Anda perlu rak tambahan untuk menyimpan koleksi buku Anda? Kreatiflah menggunakan ruang ekstra antara dua tingkat lantai dan unit rak yang unik.

Desainer John Gidding menyediakan caa sempurna untuk menambahkan visual sempurna untuk Anda. Kanvas besar ini bisa menjadi tempat penyimpanan mainan anak Anda.

10. Tambahkah cermin


Salah satu cara terbaik dan termudah dalam desain ruangan sempit adalah menambahkan cermin di dinding. Dikelilingi oleh tirai netral, cermin tinggi ini menambahkan dimensi ruangan kamar tidur Anda menjadi lebih besar. Tutup tirai dan sembunyikan cermin Anda jika sebaliknya Anda membutuhkan ruangan yang lebih intim dan tertutup. 

Sumber: hgtvremodels

2 comments: