Friday, September 26, 2014

12 Causeway Terindah di Dunia


Jalan layang alias causeway bukan hanya bisa dibangun di daratan, melainkan juga di tanggul bahkan membelah selat dan lautan. Econers, kali ini kita akan melihat 12 causeway terindah di dunia yang membelah lahan basah, tanggul, dan laut di sejumlah negara.

Uniknya, causeway ini tidak didukung dengan jembatan utama atau tonggak, melainkan seolah menyatu dengan dasar perairan dan batu karang. 

1. Great Salt Lake Causeway, Amerika Serikat (AS)




Causeway ini dibangun di Utah pada 1950 oleh Morrison-Knudsen, perusahaan konstruksi untuk Southern Pacific Railroad yang saat ini dioperasikan oleh Union Pacific.

Sekitar 15 kereta melintasi causeway sepanjang 32 kilometer (km) ini setiap harinya. Keindahan lain yang bisa Anda saksikan ketika melintasinya adalah air di sisi utara memiliki warna kemerahan, sedangkan di selatan biru kehijauan. Warna air yang berbeda ini dikaitkan dengan jenis ganggang yang hidup di dalamnya. 

2. Hindenburg Dam, Jerman





Panjangnya adalah 11 km dan menyatukan antara Pulau Frisian Utara dengan Schleswig-Holstein. Causeway ini dibuka pada 1 Juni 1927 dan secara eksklusif menjadi koridor kereta api. Kereta api yang melintasi jalur ini membutuhkan waktu 10 menit, sedangkan mobil yang melintasinya membutuhkan waktu 30 menit.

Setiap hari, lebih dari 100 kereta melewati jalan lintas ini, dan 50 kereta di antaranya mengangkut mobil yang ingin menuju Sylt. Causeway yang menyandang nama Weimar Republic äsident Paul von Hindenburg ini kondisinya sekarang sedang terganggu oleh aliran air pasang surut yang mengalir bebas antara Sylt dan daratannya. 

3. Passage du Gois, Prancis




Ini adalah causeway yang terbentuk karena proses alami. Banjir berkala yang mengarah ke Pulau Noirmoutier di Prancis menjadi penyebab utama timbulnya causeway yang selalu dibanjiri air pasang dua kali setiap harinya.

Setiap tahun, ada perlombaan maraton di sini. Pada 1999, Passage du Gois pernah digunakan untuk balap sepeda Tour de France. 

4. Funafuti Causeway, Tuvalu



Causeway ini terdiri dari empat pulau karang dan lima atol di lepas pantai Australia. Tuvalu memiliki ketinggian maksimum hanya 4,5 meter atau 15 kaki di atas permukaan laut.

Causeway ini sangat penting bagi lalu lintas lokal sebab menghubungkan bagian utara dan selatan pulau.

5. Causeway Jindo dan Modo Islands, Korea Selatan



Variasi permukaan air laut ketika pasang menghasilkan fenomena lokal yang mereka sebut 'Keajaiban Musa' alias 'Moses Miracle.' Tanah sepanjang 2,9 km dan lebar 10-40 m ini terbuka selama satu jam di antara Pulau Modo dan Pulau Jindo di Provinsi Jeolla, Korea Selatan.

Pada acara dua kali setahun, sekitar April-Juni, masyarakat merayakan festival lokal yang disebut 'Jindo's Sea Way.' 

Namun ini tidak diketahui dunia sampai 1975, ketika Pierre Randi, Duta Besar Prancis untuk Korea Selatan menggambarkan fenomena tersebut di surat kabar Prancis. Sejak itu, hampir setengah juta turis asing dan lokal menghadiri acara tersebut setiap tahunnya.

6. Rough Island Causeway, Inggris



Pulau Rough dapat diakses dari Kippford ketika pasang surut. Anda akan melintasi lumpur dan rockcliffe ke daratan Skotlandia. Ini adalah pulau suaka burung, sehingga pengunjung dilarang mengunjungi lokasi ini sepanjang Mei dan Juni setiap tahunnya sebab akan menganggu aktivitas bersarang burung Oystercatchers. 

7. Låningsvejen, Denmark




Mando adalah salah satu pulau di Denmark yang berada di lepas pantai barat daya dari Jutland, Denmark di Laut Wadden. Pulau ini hampir tidak dapat diakses pada saat pasang tinggi. 

Causeway ini memiliki panjang 4 km hingga Anda bisa mencapai daratan. Låningsvejen adalah nama causeway ini yang menghubungkan Mando ke daratan Jutland.

8. Colchester Causeway, AS




Sepanjang tepi Danau Champlain (Vermont) terpapar pemandangan causeway 19,3 km yang membentang dari pusat kota Burlington Utara ke Colchester. Anda akan melihat banyak pejalan kaki, skaters, dan pengendara sepeda motor bisa melintasi causeway ini. Causeway ini relatif lebar sehingga bisa dijadikan lokasi jogging anak-anak kecil.

9. Julia Tuttle Causeway, AS




Causeway ini menghubungkan jalan I-95 di barat dengan Pantai Miami di timur. Pembangunannya dimulai pada 1959 dan baru dibuka pada 23 Desember 1961. Causeway ini diperlebar kemudian pada 1988-1990.

Causeway ini sepanjang 4 km dan memiliki enam jalur. Jalur lintas di tengahnya dipisahkan oleh garis pohon.

10. Gated Causeway, AS


Causeway ini mengarah ke empat hektare pulau di Caritas, Connecticut seluas 1.300 m2. Pulau Caritas saat ini dipasarkan hingga 12,8 juta dolar AS. 

11. The Amador Causeway, Panama



Causeway Panama ini seluas 6 km. Setiap Minggu, wisatawan bisa menikmati pemandangan Kota Panama. Sebagian kapal bahkan bisa mengakses ke Terusan Panama. Di sana, orang-orang sering makan malam, berolahraga, pelaut dan kapal-kapal indahnya datang, dan toko-toko berjejer di sepanjang jalan

12. Causeway Kunoy, Pulau Faroe



Causeway ini menghubungkan Pulau Borooy dan Pulau Kunoy. Di Pulau Kunoy ada Desa Haraldssund.

Sumber : Unique Daily

1 comment: