Wednesday, September 24, 2014

Unik, Rumah Ini Bisa Berotasi 90 Derajat



Desain Rumah Sharifi-ha oleh sebuah perusahaan arsitektur di Teheran ini sangat menyenangkan dan mengejutkan. Kamar-kamar di rumah ini bisa berotasi hingga 90 derajat, sehingga bisa beradaptasi sesuai dengan kondisi cuaca. 

Kamar ini bisa bergeser secara otomatis ke luar, menghadap matahari atau membelakangi matahari. Ada sudut dimana kotak kamar-kamar ini mengubah disposisi dari kamar itu sendiri.

"Fleksibilitas menjadi inti dari konsep desain proyek ini," kata desainer Rumah Sharifi-ha.

Desain rumah ini memungkinkan hunian Anda bersifat introvert atau ekstrovert. Desainnya selesai pada 2013 lalu dan merupakan interpretasi modern dari rumah-rumah tua di Teheran yang mengalami musim panas dan musim dingin sekaligus.

Dimusim panas, Rumah Sharifi-ha akan lebih terbuka dan lebih lebar. Sebaliknya, dimusim dingin dan bersalju, rumah ini akan menutup ke bawah, bukaannya menjadi minim, sehingga hawa dingin tidak akan banyak masuk.

Ada setidaknya tujuh kotak ruangan di Rumah Sharifi-ha. Tiga kamar berputar diciptakan, yaitu ruang sarapan di lantai pertama ruang tamu di lantai dua, dan rumah kantor di lantai tiga. Tak lupa, kamar-kamar yang berkonsep sama. Tingginya rumah ini bisa mencapai tujuh lantai. 






Nah, Econers, bagaimana kesan Anda melihatnya? 

Sumber : awareness-time.com

2 comments: