Wednesday, September 24, 2014

Keren, Belanda Punya Benteng Berbentuk Bintang



Fort Bourtange adalah sebuah benteng megah berbentuk bintang yang terdapat di Desa Bourtange, Groningen, Belanda. Pada abad ke-15, benteng ini awalnya berbentuk segitiga, bertujuan untuk menutupi pertahanan pasukan satu sama lain.


Benteng Fort Bourtange memiliki parit yang lebar. Untuk menangkal bola meriam musuh, tembok benteng ini dibuat lebih rendah dan lebih tebal, serta dilindungi lapisan bernama glacis di depan paritnya. Benteng ini kemudian menjadi sangat populer, sehingga desainnya diadopsi oleh negara-negara lain, seperti India dan Jepang.

Benteng Fort Bourtange dibangun pada 1953 atas perintah pimpinan Belanda, William I. Benteng ini memantau pertahanan Jerman dan Kota Groningen yang dikendalikan oleh Spanyol pada masa perang yang lamanya mencapai 80 tahun.

Benteng ini berbentuk bintang penuh pada 1593 dan dikelilingi oleh danau. Pada 1851, Kota Bourtange berubah menjadi desa. Lebih dari 100 tahun kemudian pada 1960, pemerintah setempat memutuskan untuk mengembalikan bentuk benteng tua itu ke penampilan aslinya ala tahun 1740-1750 dan dijadikan museum sejarah.











Econers, apakah Anda tertarik untuk mengunjunginya?

Sumber : Amusing Planet, Wikipedia

2 comments: