Thursday, September 25, 2014

Mahasiswa Prancis Jual Udara Kalengan



'Air de Montcuq' adalah nama produk udara dalam kaleng yang merupakan gagasan mahasiswa Prancis berusia 22 tahun, Antoine Deblay. Ia memiliki ide untuk menjual udara segar dari kampung halamannya selama musim panas.


Deblay kemudian menaruh idenya itu di sebuah situs web 'crowdfunding' di Prancis dan ia mendapatkan hasil mengejutkan. Hanya dalam beberapa minggu, dia berhasil menjual produk udara segar dalam kaleng itu seharga lebih dari 800 euro atau di atas seribu dolar AS.



Pria kreatif ini menyatakan bahwa dia berhasil menjual lebih dari seribu kaleng udara hanya dalam waktu tiga minggu. 'Air de Montcuq' dijual 10,50 euro (sudah termasuk ongkos kirim) ke Amerika Serikat.

"Tentu saja aku tahu itu terjual. Namun, aku sama sekali tak menyangka akan menjual sebegitu banyaknya dalam waktu singkat," ujar Deblay.

Dengan margin keuntungan 60 persen, Deblay telah menerima ribuan euro dari proyek ini. 

Econers, tahukah Anda? Di Prancis, kata 'Montcuq' sering salah diucapkan menjadi 'Mon Cul' yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris akan berarti 'angin dari pantat saya.' Anda bisa membayangkan mengapa setelah membaca tulisan di kaleng ini, orang-orang yang mengerti akan menjadi tertawa geli karenanya.

Deblay juga bersenang-senang dengan menyertakan tulisan di kaleng produknya, sebagai berikut:

"Air de Montcuq adalah produk 100 persen organik. Produk ini akan menyegarkan ide-ide Anda. Idealnya digunakan ketika Anda membutuhkan inspirasi yang kreatif. Perhatian: produk ini bersifat sekali pakai langsung habis. Jadi, jangan membiarkannya terbuka."

Deblay mengakui udara itu sendiri mungkin bukan alasan orang-orang membeli produknya. Dia mengaku dia hanya iseng membuat rencana pemasaran yang baik akan sebuah produk.

"Orang-orang setertarik itu mungkin karena permainan kata dari 'Air de Montcuq' yang membuat mereka tertawa," ujarnya.

Apapun alasannya, proyek Deblay ini mungkin tidak bisa Anda temukan terus menerus di pasar online. Sebab, Deblay mengatakan bahwa dia hanya akan menjual 10 liter udara dalam seminggu saja. Dia menuliskan di websitenya, "kami sudah mencapai penjualan maksimal."

Econers, tahukah Anda? Ketika staf dari kantor berita 'Business Insider' yang kebetulan membeli produk itu mencoba membuka kaleng tersebut, ketika dibuka, ternyata tak ada tercium apa-apa. Menggelikan!

Sumber: Business Insider

1 comment: