Thursday, September 25, 2014

Ini Dia Sungai Terkotor di Dunia

Foto : Asia News

Kawasan Himalaya di Nepal bukan hanya terkenal dengan puncak pegunungan tertinggi di dunia, yaitu Puncak Himalaya (Mount Everest). Wilayah ini sekaligus terkenal memiliki karena lingkungan ekologisnya yang rusak, yaitu memiliki salah satu sungai terkotor di dunia. 


Dalam video berdurasi 3 menit 13 detik berikut, seorang pengunjung bernama Maciej Tumulec mencoba mendatangi sungai tersebut. Dia sangat terkejut dengan pemandangan yang ada di depan matanya. Berbagai dampak manusia menyebabkan perubahan iklim terhadap ekosistem pegunungan di Himalaya. 

"Selama perjalanan saya ke Himalaya, Nepal, saya menemukan pemandangan yang mengerikan seperti (sungai) ini. Hal terburuk ini justru terjadi disaat aksi ekologis 'Green Kathmandu' dilakukan," ujar Tumulec.


Padahal, tahun lalu perwakilan pemerintah dan organisasi internasional baru saja menghadiri Conference of Mountain Countries on Climate Change pada 5-6 April 2012 di Kathmandu, Nepal. Mereka menyatakan sebuah pendekatan kolaboratif sangat mendesak diperlukan untuk mengembalikan kelestarian ekosistem pegunungan di Himalaya.

Sumber: Unique Daily, YouTube

1 comment:

  1. Astagfirullah, sungai di nepal kotor sekali, airnya pun menjadi tercemar karena saking banyaknya sampah..

    ReplyDelete