Friday, September 26, 2014

12 Fakta Mengejutkan Tentang Kucing

Foto : Stylonica
Econers, banyak pecinta hewan peliharaan yang memilih kucing menjadi sahabat mereka di rumah. Kucing tampaknya memiliki daya tarik lebih kuat bagi orang lain dibandingkan anjing.

Ada setidaknya 12 fakta unik tentang kucing yang mungkin jarang Anda ketahui. Apa saja itu? Lihatlah gambar-gambar di bawah ini supaya Anda mengetahuinya. 

1. Kucing bisa hidup hingga 30 tahun


Saat ini, Guineess Book of World Record mencatat Pinky sebagai kucing tertua berusia 28 tahun dari Kansas, Amerika Serikat. Kucing ini mampu mencapai usia hingga tiga dekade. Sebelumnya, seekor kucing dari Texas bernama Creme Puff bahkan meninggal diusia 38 tahun.

Bukti lain menunjukkan bahwa Tomoko, seekor kucing asal Prefektur Aomori, Jepang pernah hidup hingga 36 tahun. Dia meninggal pada 1971.

2. Kucing tidur 20 jam sehari


Kucing menghabiskan waktu 14 hingga 20 jam setiap harinya untuk tidur. Mereka jarang sekali mengedipkan mata, rata-rata hanya dua kedipan per jam atau 40 kali kedipan per hari. 

Tidur yang cukup panjang ditengarai menjadi alasan mengapa seekor kucing bisa berumur panjang hingga menembus 30 tahun. 

3. Mereka bisa bergerak cepat jika mereka mau


Kucing Anda mungkin terlihat sangat santai disuatu siang di atas bantal tidur mereka. Namun Anda tidak boleh tertipu. Meskipun mereka terlihat sedang bermalas-malasan, seekor kucing bisa bergerak sangat gesit tiba-tiba jika mereka mau. Mereka bisa tiba-tiba berlari hingga 50 kilometer per jam. Wow! 

4. Kucing ada yang kaya raya


Banyak kucing yang kaya raya loh. Faktanya, Maria Assunta, seorang janda yang juga taipan properti asal Italia mewariskan 13 juta dolar AS untuk kucing-kucing yang dipungutnya dari jalan-jalan di Roma.

Pada 1988, Blackie, kucing peliharaan milik pedagang antik Inggris, Ben Rea dianugerahi 150 juta poundsterling sebagai warisan dari tuannya. Itu karena Blackie sangat setia di sampign Rea selama 15 tahun terakhir. 

5. Kumis kucing bisa tumbuh sangat panjang


Rekor kumis terpanjang pernah dimiliki Missi, seekor kucing Maine Coon yang tinggal di Finlandia. Dia memiliki kumis hingga 19 sentimeter atau sekitar 9,5 inchi.

6. Kucing tak bisa melihat merah


Kucing memiliki kelemahan sensorik, yaitu bermasalah dengan warna merah. Kucing sangat terbiasa dengan warna abu-abu dan hitam. 

7. Kebanyakan kucing dilahirkan dengan mata biru


Sebagian anak kucing terlahir dengan mata biru nan indah. Sama seperti bayi Kaukasia, tingkat melanin pada mata kucing meningkat setelah mereka dilahirkan. Artinya, hingga usia tiga bulan, anak-anak kucing akan tetap memiliki mata biru. 

8. Kucing sangat jarang berkeringat


Kucing adalah hewan yang sangat jarang berkeringat meskipun mereka melakukan gerakan yang sangat aktif atau berlari sejauh mungkin. Namun uniknya, kucing hanya berkeringat disatu tempat saja, yaitu telapak kaki mereka.

9. Kucing memiliki jumlah cakar berbeda


Anda mungkin tidak menyadari bahwa kucing memiliki jumlah cakar yang berbeda. Coba periksa cakar kucing Anda. Mereka memiliki lima cakar di kaki depannya, sedangkan hanya empat cakar di kaki belakang mereka. 

10. Kucing mampu mengingat 16 jam


Kucing telah terbukti dapat mempertahankan ingatan mereka 16 jam terakhir. Ini menempatkan kucing pada hewan setara monyet dan orangutan.

11. Kucing butuh nutrisi lima ekor tikus per hari


Kebutuhan kalori dan nutrisi harian kucing itu rata-rata setara dengan lima ekor tikus. Nah, Anda sekarang bisa memperkirakan seberapa sering seharusnya Anda memberikan kucing Anda makan untuk mendapatkan tubuhnya yang sehat.

Sumber : Rocket News 24

1 comment: