Saturday, September 27, 2014

Sisi Gelap Kota Hongkong


Penasihat investasi dan fotografer Jonathan van Smit adalah salah satu dari beberapa orang asing yang pernah melihat sisi gelap dari Kota Hong Kong. Pria asal Selandia Baru ini menceritakan gaya hidup beberapa ekspatriat Barat di Hongkong.

“Saya tahu beberapa ekspatriat Barat yang tidak pernah makan makanan Cina, jarang bersosialisasi di luar komunitas mereka. Mereka di sini untuk menghasilkan uang dan tidak mengalami perubahan budaya. Mereka hidup di dunia yang sebagian besar ekspatriat, anak-anak mereka pergi ke sekolah internasional, pembantu mereka melakukan pekerjaan rumah tangga, memasak dan berbelanja,” katanya. 

Dia mengkritik kehidupan para kaum ekspatriat Barat yang cukup timpang dengan keadaan sekitarnya. Bagian lokal Hongkong menjadi benar-benar asing bagi mereka.

Hongkong menjadi surga atau neraka, bergantung pada siapa Anda bertanya. Di sana dapat ditemukan ‘kandang masyarakat’. Warga yang tak mampu secara ekonomi tinggal di kandang atau tempat yang sangat kecil dan sempit. Mereka mengemis di jalanan yang sibuk atau hidup dari bantuan sosial yang dananya cukup minim. Makanan, harga sewa tempat tinggal yang mahal, kehilangan pekerjaan, bisa menjadi masalah hidup dan mati. Berikut ini hasil bidikan Van Smit tentang sisi gelap Hong Kong.









Sumber: Rocket News 24

No comments:

Post a Comment