Saturday, September 27, 2014

Uniknya Nelayan Zhejiang Gunakan Burung untuk Memancing Ikan


Econers, Anda yang punya hobi memancing pastinya sudah mengenal berbagai teknik memancing modern, seperti penggunaan umpan berupa ikan palsu yang bentuknya hampir sama dengan ikan-ikan kecil yang menjadi mangsa beberapa ikan besar. Selain memancing dengan tombak, menyelam, dan jala, apalagi teknik pancing tradisional yang Anda ketahui?

Selama 1.300 tahun, nelayan-nelayan Cina yang berdomisili di daratan sekitar Sungai Li memiliki kearifan tradisional yang amat menakjubkan. Mereka bisa menjinakkan burung-burung laut untuk digunakan sebagai pemancing ikan.





Nelayan-nelayan Sungai Li ini menjinakkan burung laut dengan nyanyian khusus. Mereka seolah bisa berkomunikasi dalam bahasa burung.

Sebelum matahari terbit atau disore hari, burung-burung ini bertengger di atas rakit bambu yang digunakan nelayan untuk menyusuri sungai. Dengan nyanyian khusus, nelayan ini kemudian meminta burung-burung laut itu untuk terbang dan mencari ikan beberapa meter di sekeliling mereka.

Burung-burung itu seolah terhipnotis dan melakukan apa yang diminta nelayan tersebut. Hanya saja, untuk menghindari si burung laut menelan ikannya, maka nelayan mengikatkan benang pada leher burung laut jenis kormoran ini.




Nelayan lokal ini berada di Provinsi Zhejiang, tepatnya di Yongjia. Anda penasaran dengan aksi nelayan dan burung laut ini dalam menangkap ikan? Hal itu bisa Anda saksikan di video berikut.


Sumber: Hot News International

1 comment:

  1. hehe ada-ada saja ya memancing ikan menggunakan burung, tapi hasil tangkapannya bagus-bagus..

    ReplyDelete