Tuesday, September 30, 2014

Mahasiswa Baru China Tetap Ikut Latihan Militer Meski Kehujanan


"Hujan tidak pernah menyakiti siapapun."

Begitulah moto mahasiswa tahun pertama di China yang baru-baru ini diwajibkan untuk mengikuti latihan militer. Orang-orang di Shanghaiist berbagi foto berikut tentang betapa disiplinnya mahasiswa-mahasiswa di China. Anda pasti bersyukur karena tidak menjadi salah satu dari mereka. 

'Tentara Pembebasan Rakyat' atau 'The People’s Liberation Army' adalah moto resmi para wajib militer di China. Ini terdiri dari empat divisi utama dan merupakan pasukan darat terbesar di dunia.

Wajib militer ini secara teknis wajib hukumnya bagi semua warga negara China. Namun, dalam praktiknya sangat suka rela. Semua laki-laki berusia 18 tahun ke atas harus mendaftarkan diri dengan otoritas pemerintah, mirip dengan di Amerika Serikat. Pengecualian utama adalah bagi yang berstatus mahasiswa, baik pria maupun wanita. Mereka akan menjaani pelatihan militer yang biasanya hanya berlangsung 1-4 minggu sebelum atau setahun setelah masuk ke kampus.

Sekitar enam juta mahasiswa tahun pertama di China mengambil bagian dari latihan militer ini setiap tahunnya. Econers, berikut adalah beberapa foto pelatihan yang dilakukan di Northwest University of Politics and Law di Xian, ibu kota Provinsi Shaanxi.


Di tengah hujan lebat, mereka tetap harus latihan militer di lapangan dengan menggunakan payung.




Di sisi lain, mahasiswa dari Henan University of Finance and Economics di Zhengzhou, ibu kota Provinsi Henan melakukan pelatihan militer di kantin sekolah.


Wah, semua mahasiswa China memang pekerja keras. Mereka memberi contoh positif untuk kita. Semangat!

Sumber : Rocket News 24

1 comment:

  1. wahh di china perempuan juga harus wajib militer ya, saya kira hanya laki-laki saja..

    ReplyDelete