Friday, September 26, 2014

Noppakhao, Gajah Thailand yang Jago Melukis

Foto : Elephant Painting
Econers, siapa pun bisa menjadi seorang pelukis hebat, tak terkecuali seekor gajah. Gajah selama ini dikenal termasuk binatang yang memiliki kecerdasan. Di Provinsi Ayutthaya, Thailand, seekor gajah bernama Noppakhao telah menghasilkan banyak karya seni dengan melukis. Bahkan, hasil karyanya berharga hingga 700 dolar AS. 

Foto : Elephant Painting
Noppakhao mulai melukis sejak empat tahun yang lalu sebagai bagian dari The Asian Elephant Art & Conversation Project (AEACP). Menurut sang pawang, gajah berusia 11 tahun ini mempertunjukkan bakat dan rasa kreativitas yang tinggi lewat goresan cat di karyanya. Gajah yang juga dikenal dengan nama Peter ini juga unggul dalam melukis dengan komposisi yang kompleks, seperti beberapa desain flora yang memiliki kualitas unik.

Menurut situs resminya, sebagian besar karya Noppakhao dihasilkan dari kertas yang ramah lingkungan dan merupakan hasil limbah olahan dari kotoran gajah. Kotoran tersebut diproses menjadi bahan jenis bubur kertas. Hasil dari kertas yang bertekstur ini kemudian digunakan untuk menciptakan berbagai jenis produk baru, seperti kertas, pigura foto, kotak perhiasan, bahkan topi.

Keuntungan dari hasil penjualan karya seni gajah ini nantinya digunakan untuk proyek konservasi dan pengasuh pelatihan. “Kami berusaha memberikan gajah-gajah apa yang kita bisa lakukan, kebahagiaan, kesehatan. Uang yang terkumpul oleh AEACP digunakan untuk menyediakan makanan yang lebih baik, peningkatan penampungan, dan perawatan yang tepat bagi gajah,” kata sumber AEACP.

Pada masa lalu, aksi gajah melukis telah menimbulkan tuduhan bahwa binatang diperlakukan kejam dalam upaya untuk melatih mereka. Namun, AEACP mengatakan tidak menoleransi penyalahgunaan gajah baik selama melukis maupun dalam interaksi sehari-hari. Mari intip aksi gajah pintar ini dalam video berikut:



Sumber: Daily Mail, YouTube

1 comment:

  1. gajah yang benar-benar sudah terlatih hingga bisa mengambar dengan bagus..

    ReplyDelete