Friday, September 26, 2014

Kumbhalgarh, Tembok Raksasa Kedua di Dunia


Nama Kumbhalgarh mungkin jarang Anda dengar sebab tertutupi oleh popularitas Tembok Besar Cina atau the Great Wall of China. Sobat Asianid, Kumbhalgarh adalah tembok raksasa terbesar kedua di dunia. Keseluruhan tembok ini memanjang hingga 36 kilometer.

Sayangnya, Kumbhalgarh tidak dikenal di luar negaranya. Tembok Besar India ini dibangun selama berabad-abad mulai 1443, 50 tahun setelah Colombus mengarungi Samudra Atlantik dan menemukan Tembok Besar Cina. 

Foto : Dey

Foto : Kuriositas

Foto : Userbook Chen

Foto : Beth M527

Foto : Lumiere
Lokasinya di negara bagian Rajasthan, sebelah barat India. Butuh waktu lebih dari satu abad untuk membangun dinding raksasa ini yang kemudian diperpanjang pembangunannya pada abad ke-19. Saat ini benteng ini tak lebih dari sekadar museum.

Benteng yang mengelilingi tembok ini dibangun di atas bukit dan mendominasi pemandangan sekitar 1.000 meter di atas permukaan laut. Secara keseluruhan, tembok ini memiliki tujuh gerbang besar. Meskipun pada beberapa titik tembok ini terlihat kecil, namun di beberapa titik lain lebarnya lebih dari 15 kaki.

Foto : Dey 

Foto : Kittel

Foto : Tushy-D
Dinding-dindingnya dipenuhi dengan lampu, memungkinkan para petani lokal bisa melintasi wilayah ini siang dan malam. Namun letak beharganya bangunan sejarah ini adalah karena Kumbhalgarh menyimpan lebih dari 360 candi.

Foto : Beth M527

Foto : Honza Soukup

Foto : Lumiere

Foto : Plus Good
Ada sekitar lebih dari 60 candi Hindu di India. Sisanya dibangun untuk para pengikut Jainisme, agama kuno yang lahir di India dan banyak orang percaya bahwa agama ini lebih tua dari Budha. Masih ada sekitar enam juta penganut Jainisme di India saat ini.

Foto : Kittel

Foto : July in Ireland

Foto : Tushy-D

Foto : Honza Soukup
Tembok benteng besar ini awalnya susah didirikan, hingga penasihat spiritual Raja Maharana mengatakan bahwa harus ada seseorang yang menjadi sukarelawan untuk mengorbankan dirinya sendiri jika ingin tembok itu dibangun dengan kuat.

Akhirnya suatu hari seorang peziarah, ada juga yang mengatakan seorang tentara, rela mengorbankan nyawanya dengan cara dipenggal kepalanya di kuil. Inilah yang konon katanya membuat benteng ini masih kokoh berdiri hingga saat ini sebab dipercaya raga tentara tadi yang menjaganya.

Foto : Tushy-D

Foto : Lamen Tables

Foto : Lumiere
Sejak tembok ini berdiri, Kerajaan India yang memerintah waktu itu tak pernah kalah dari musuh, hanya satu kali dan itu pun karena mereka kehabisan air minum di dalam benteng. Tembok Raksasa India ini masih menyimpan banyak misteri, khususnya bagi mereka yang datang dari luar India. Pasalnya, masih ada beberapa perangkap kuno yang terpasang di dalamnya.

Itu semua karena sampai saat ini belum ada yang berhasil menjelajahi Kumbhalgarh dari titik awal hingga akhir. Wisatawan sering diperingatkan untuk tidak terlalu jauh menjelajahi benteng ini, sebab beberapa kecelakaan bisa saja terjadi.

Foto : July in Ireland

Foto : Lamen Tables
Sumber: Kuriositas, Flickr

1 comment: