Thursday, September 25, 2014

15 Gaun Teraneh yang Pernah Ada

Foto : webtablab.com

Oh, fesyen! Setiap saat bisa saja berubah mengikuti tren zaman, mulai dari celana jins yang semakin ke ujung semakin menyempit, hingga warna-warna populer yang semakin memudar. Mode terus datang dan pergi. Namun, setidaknya ada 15 busana teraneh yang pernah ada dan tak pernah Anda duga sama sekali. 

Busana-busana berikut menggunakan bentuk kuno dengan gaun sebagai dasar. Sejumlah desainer menciptakannya dari bahan-bahan gila, mulai dari kertas toilet, pecahan piring, rumput, hingga kondom. Wew! 


1. Video Dress 

Desainer Turki, Hussein Chalayan menciptakan gaun ini. Setidaknya 15.000 LED dimasukkan ke dalam kain itu sendiri. Chalayan memang terkenal dengan busana-busananya yang memiliki unsur teknologi, seperti gaun switch mekanik, dan gaun elektronik.

Foto: Moritz Waldemeyer

2. Tax Form Dress

Penyanyi Britt Savage menciptakan gaun ini dari formulir kertas pajak lama milik suaminya. Dia menciptakan pola dengan menjadikan dirinya sendiri sebagai model. Dia membungkus dirinya dalam lakban kemudian memotong kertas-kertas pajak itu dan lihatlah bentuk yang dihasilkan. Inovatif!

Foto : Senor McGuire

3. Condom Dresses

Artis Brasil Adriana Bertini menciptakan gaun kondom ini untuk mempromosikan kesadaran dan pencegahan HIV / AIDS. Kondom yang dia gunakan adalah kondom kedaluwarsa atau rusak, sehingga tidak bisa digunakan kembali. Bertini mencelupkan kondom-kondom dan menciptakan gaun ini untuk mengekspresikan informasi langsung tentang tata cara seks yang aman, sesuatu yang dianggap tabu. Bertini mencetak rekor dengan menggunakan 80.000 kondom untuk membuat gaun ini.


4. Bird Cage Dress

Ini adalah kandang burung berfungsi sebagai busana. Designer Kasey McMahon menciptakan ini dengan menghabiskan jam-jam yang melelahkan untuk menggunakan solder, klem, dan pengeboran. Pilihan aksesoris burung di gaun ini seakan menjadi seni pertunjukan. Konsep gaun ini berasal dari persepsi McMahon tentang kedekatan manusia secara simultan dengan alam dan teknologi. 

Foto : Kasey McMahon

5. Cream Puff Dress

Ini adalah gaun makanan. Chef pastry Valentyn Shtefano terkenal menciptakan banyak kue panggang di Uzhhorod, Ukraina Barat. Dia menciptakan gaun pengantin yang unik untuk calon pengantinnya sendiri. Dia menggunakan 1.500 krim puff. Semua bagian dari busana ini bisa dimakan, bahkan perhiasan dan buketnya yang terbuat dari gula karamel. Istrinya, Viktoriya sangat senang dengan karya suaminya.

Foto : NBC

6. Skittles Wrapper Dress

Craftster pengguna Theperilouspopsicle memutuskan untuk menghemat uang dan membuat gaun prom sendiri pada 2008. Dia menggunakan sesuatu yang cerah dan tidak konvensional, sehingga memilih pembungkus Skittles. Gaun ini memenangkan posisi pertama di festival film sekolahnya sebagai kostum terbaik. Ya, melihat gaun ini maka kita akan teringat konsep daur ulang sampah yang kreatif.

Foto : Theperilouspopsicle

7. Mood Dress

Dengan mengukur perubahan tingkat suhu tubuh, denyut jantung dan keringat, gaun ini bisa berubah warna dan pola berdasarkan suasana hati pemakainya. Gaun ini dapat diprogram untuk mengubah warna tertentu sesuai hasil yang diinginkan, sehingga Anda tidak hanya bisa membiarkan orang lain tahu bagaimana perasaan Anda saat ini, tapi juga bisa menyesuaikan apa yang ingin Anda kenakan. Desainer Philips menciptakan gaun ini sebagai bagian dari proyek yang fokus pada pengembangan teknologi yang bereaksi terhadap kulit manusia untuk penginderaan emosional.

Foto : Philips

8. Sundae Dress

Oke, gaun ini jelas tidak bsa dimakan. Artis dan desainer Joy Kampia O'Shell menciptakan pakaian dan aksesoris unik ini. Beberapa kreasinya terinspirasi dari makanan, seperti donat dan hamburger.

Foto : Joy Kampia O'Shell

9. Porcelain Dress

Li Xiaofeng, melalui Galeri Virginia Miller menciptakan pakaian dari pecahan keramik dari Dinasti Song, Ming, Yuan, dan Qing. Dia secara cermat merangkai pecahan ini berdasarkan tanggal, warna, dan bentuk, dan kemudian afiks mereka untuk bersentuhan dengan kulit sehingga busana ini aman untuk dipakai. Dia menggunakan artefak kuno untuk membuat pakaian yang modern looking, membangkitkan kekayaan sejarah China dan memengaruhi kebudayaan kontemporer.

Foto : Li Xiaofeng

10. Willow Branch Dress

Robin Barcus Slonina menciptakan gaun 15-kaki ini dari anyaman berbagai produk alam. Slonina kemudian mengapungkan gaun ini di Perairan Wyoming. Gaun ini berasal dari bahan-bahan alami, seperti rumput, sekam jagung, bantalan lily, bunga, kantong sampah, hingga plastik telur paskah. 

Foto : Robin Barcus Slonina

11. Tent Dress

Seniman Adriennce Pao dan Robin Lasser berkolaborasi untuk menciptakan serangkaian gaun tenda, masing-masing dengan tema tertentu. Ini adalah seni fotografi antara dua kota dari negara adidaya, yaitu San Jose, Amerika Serikat, dan Yekaterinburg, Rusia. 

Foto : Adrienne Pao dan Robin Lasser

12. Phone Book Dress

Kelly Murray menciptakan gaun ini dari lembaran-lembaran buku telepon. Dia menciptakan semua pleats, menjahit, dan merekatkannya dengan tangan. Hebatnya, gaun ini bisa dipakai. Namun, pastikan Anda tidak hujan-hujanan ketika memakainya.

Foto : Kelly Murray

13. Wooden Curtsy Dress

Potongan-potongan kayu Bent dan beberapa baut merekatkan gaun ini bersama-sama. Roknya sebetulnya terbuat dari cincin konsentris kayu yang disatukan dengan kabel. Ketika kabel diperpanjang maka cincin menggantung rendah, sehingga memberikan ilusi rok panjang. 

Foto: Grace D Johnston

14. Toilet Paper Dress

Susan Brennan dari Orchard Lake menciptakan gaun ini. Namun, daya tahannya dipertanyakan. Brennan memenangkan hadiah pertama senilai 10.000 dolar AS atas kreasinya membuat gaun unik ini.

Foto : Charmin

15. Zipper Dress

Ini adalah gaun paling normal di antara gaun-gaun aneh lainnya, namun cukup inovatif. Desainer Korea Lee Joo Eun menciptakan garis gaun dengan ukuran disesuaikan dan cocok dengan menggunakan rangkaian ritsleting. Dengan ritsleting terbuka, gaun mengembang dan mengungkapkan panel berwarna menambah desain. Hal ini memungkinkan pemakai untuk memiliki gaun custom-fit agar tetap bisa diproduksi secara massal. 


Foto : I New Idea

Sumber : Viral Nova

3 comments: