Tuesday, October 21, 2014

4 Jalan Berliku Terekstrem di Bumi


Econers, Anda mungkin hanya menemukan kelokan ringan atau tanjakan di sepanjang jalan di daerah Anda. Namun, diempat negara berikut ini, Anda akan menemukan empat jalan berliku paling ekstrem untuk dilalui.

Meski demikian, ekstrem jalan ini terobati dengan sajian pemandangan indah yang dihadirkan sepanjang perjalanan Anda. Butuh keberanian ekstra untuk mengemudikan mobil atau motor diempat jalan ini. Jadi, siap-siap kencangkan sabuk pengaman Anda. 

1. Irohazaka Winding Road, Jepang





Irohazaka adalah sepasang jalan berliku di sekitar Nikko, pegunungan Prefektur Tochigi, Jepang. Meskipun lebar jalan ini sangat kecil, namun ukurannya konsisten.

Irohazaka terdiri dari dua lajur yang masing-masingnya dibangun pada 1954 dan 1965. Ini adalah jalan tol pertama di Jepang, namun kemudian berubah menjadi jalan bebas untuk umum. Di beberapa titik, Anda akan melihat dua air terjun indah dan pemandangan lembah. 

Sebuah kereta gantung yang bisa membawa pengunjung dalam tiga menit ke tempat parkir di dataran tinggi menyajikan pemandangan Air Terjun Kegon yang dikombinasikan dengan Danau Chuzenji. Dari akhir Oktober sampai awal November, Anda bisa melihat warna pepohonan musim gugur yang spektakuler.

2. Heaven Linking Avenue atau the Big Gate Road, China





The Big Gate Road berlokasi di Pegunungan Tianmen, Provinsi Hunan, China dan disebut sebagai jalan paling berbahaya di China. Dimulai dari 200 meter di bawah permukaan air laut, jalan berkelok-kelok ini mencapai ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut. 

Jalan ini dikerjakan dalam waktu delapan tahun, mulai dari 1998 hingga 2006. Jika jalan ini terlalu menakutkan bagi Anda, maka ada jalan alternatif. Sebuah mobil kabel berjalan dari Zhangjiajie City ke puncak Tianmen Mountain sepanjang 7.455 meter. Ini merupakan rute mobil kabel terpanjang di dunia.

3. The Hair Raising Hairpin Bends on Trollstigen Road, Norwegia





Trollstigen adalah salah satu jalan gunung yang paling dramatis di Norwegia. Kota ini terletak sekitar 15 kilometer di selatan Andalsnes di daerah Romsdal. Kecuramannya mencapai sembilan persen dengan jumlah 11 tikungan bagaikan ular jalan dengan ketinggian 858 meter di atas permukaan laut.

Trollstigen merupakan obyek wisata populer di Norwegia. Di bagian atasnya terdapat area parkir yang luas yang memungkinkan pengunjung meninggalkan mobil mereka dan berjalan sekitar 10 menit untuk mencapai balkon melihat pemandangan pegunungan tinggi dan Air Terjun Stigfossen setinggi 320 meter di sisi gunung.

4. The Twist and Turns of Transfagarasan Road, Rumania





Ini adalah jalan nasional beraspal tertinggi kedua di dunia di Rumania dan dianggap beberapa orang sebagai jalan paling dramatis di Eropa. Rute strategisnya sepanjang 90 kilometer dan menuju ke selatan yang merupakan bagian tertinggi dari Carpathians Selatan.

Jalan ini terletak hingga ketinggian 2.034 meter dan memiliki tikungan tajam. Yang paling spektakuler adalah jalan di utara dimana kecuramannya berbentuk kurva panjang S dan sangat tajam. Jalan ini biasanya tertutup diakhir Oktober sampai akhir Juni karena salju. Bergantung cuaca, jalan ini bisa juga terbuka hingga akhir November. Wisatawan dapat menemukan restoran dan penginapan berupa beberapa hotel di sepanjang jalan.

Sumber : Amusing Planet

1 comment:

  1. jalan berliku yang sangat extrim sekali, tapi pemandangan di masing-masing negara yang memiliki jalan berliku itu sangat indah..

    ReplyDelete