Wednesday, October 15, 2014

Tinggal di Apartemen 2x2 Meter. Emang Bisa?


Hidup di kota besar memang menyenangkan dalam banyak hal, mulai dari budaya bergaul, restoran besar, museum, musik, dan orang-orang unik yang bisa Anda temui setiap saat. Sayangnya, Anda perlu tempat tinggal dan tentu saja tinggal di kota itu tidak murah.

Jika Anda adalah seorang karyawan kantoran, maka Anda bisa saja menyewa apartemen mahal atau kosan yang luas. Namun, bagaimana dengan siswa atau mahasiswa perantauan? Mereka mungkin harus memperketat pengeluaran, seperti mahasiswa-mahasiswa di Universitas Yangzhou, China ini. Mereka hanya tinggal di apartemen studio yang hanya seukuran 2x2 meter. 

Bagaimana bisa? Tentu saja mahasiswa-mahasiswa ini menemukan solusi melalui keajaiban desain ergonomis dan pandai menggunakan ruang. Lihatlah apartemen mini berikut ini dimana mereka bisa tetap hidup nyaman.



Sebelumnya kita sudah membahas rumah mini yang super ramping di Tokyo, namun tak banyak yang tahu jika ada apartemen sebesar lemari ini. Ada yang bilang, orang-orang yang tinggal di tempat ini mungkin akan menjadi gila.

Apartemen mini ini dibuat menggunakan perlengkapan ergonomis yang membutuhkan biaya hingga 2.000 yuan atau 325 dolar AS. Selain tempat tidur dan tempat memasak, model ini tetap menyediakan ruang untuk kamar mandi dan toilet yang mungkin lebih baik dibandingkan kamar asrama mahasiswa perguruan tinggi lainnya.



Tentu saja mahasiswa Yangzhou University bukan kelompok pertama yang bisa hidup di ruangan sempit ini. Di Jepang ada Nakagin Capsule Tower. Menara ini pertama kali dibandung pada 1972. 

Sumber : Rocket News 24

1 comment: