Monday, October 13, 2014

Kota di Jepang Ini Dikuasai oleh Rusa


Siapa pun yang pernah melakukan kunjungan ke India pastinya mengetahui bahwa sapi-sapi bebas berkeliaran di seluruh jalanan di negara ini. Hewan mamalia tersebut acap kali mengganggu lalu lintas dan susah mengarahkannya keluar dari jalur. Nah, jika di India ada sapi, maka di Jepang ada Nara, kota yang dipenuhi oleh kawanan rusa. 


Nara adalah ibu kota dari Prefektur Nara yang terletak di sebelah selatan Kyoto. Kota ini berjarak sekitar dua jam dari Tokyo dengan menggunakan kereta api. Nara adalah kota yang sangat indah, penuh dengan kuil-kuil kuno, dan rumah bagi bangunan kayu terbesar di dunia, serta memiliki Daibutsu, salah satu patung Buddha terbesar di dunia setinggi 15 meter.




Di antara tahun 710-784, Nara pernah menjadi ibu kota Jepang. Uniknya lagi, kota ini dihuni oleh 370 ribu ekor rusa dimana lebih dari 1.200 ekor di antaranya suka berkeliaran di jalanan. Padahal, hanya ada ruang 500 hektare untuk pedestrian dan kendaraan bermotor. Tak jarang, rusa-rusa di Nara sering mendominasi jalan, juga trotoar, seperti yang terlihat di video berikut.


Eits, tapi tak perlu takut, meski secara teknis rusa-rusa di Nara masuk dalam kategori satwa liar, namun binatang yang satu ini sangat tenang. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, rusa-rusa di Nara dianggap sebagai hewan suci yang menjadi utusan para dewa dalam kepercayaan Shinto.





Di Nara Park, Anda akan menemukan taman khusus untuk para rusa. Banyak wisatawan datang berkunjung ke sini untuk sekadar berpose atau memberi makan rusa. Rusa-rusa di sini sangat jinak, bahkan sering 'memelas' minta kesediaan pengunjung untuk menyuapi mereka makanan.



Econers, apakah Anda tertarik berkunjung?

Sumber : Amusing Planet, Japan Today, YouTube

1 comment:

  1. salah satu kota di jepang banyak sekali rusa-rusa yang berkeliaran dengan bebas dan membuat para wisatawan ingin mendatangi kota itu untuk melihat atau memberi makan para rusa disana, unik sekali..

    ReplyDelete