Friday, October 3, 2014

Akibat Super Pemalu, Anak 9 Tahun Ini Dibiarkan Ayahnya Berkeliling China Sendiri


Apakah Anda ingat apa yang Anda lakukan selama liburan sekolah sewaktu masih jadi murid kelas III SD? Sebagian besar Anda habiskan untuk menonton televisi, membaca buku atau komik, atau ikut kelas ekstrakurikuler.

Hal berbeda dialami oleh Liu Zimo, seorang gadis berusia sembilan tahun dari Handan, Provinsi Heibei di China. Karena sifatnya yang super pemalu, sang ayah memutar otak untuk mengubah mental putri kecilnya. Dia pun membiarkan anaknya menghabiskan liburan musim panasnya dengan cara luar biasa yang tidak mungkin dilakukan anak-anak seusianya. 



Selama 24 hari, Liu mendapatkan izin dari ayahnya untuk menjadi back packer dan berkeliling China. Dalam perjalanan epiknya, Liu menempuh jarak hingga 4.000 kilometer atau 2.485 mil.

Rasanya ilegal ada orang tua yang membiarkan anaknya yang masih di bawah umur untuk melakukan perjalan wisata sendiri. Liu mengurus semuanya sendiri, mulai dari menanyakan arah kepada orang-orang yang dijumpainya di jalanan, mencari makan, hingga mengatur akomodasi.


Saat diwawancarai diakhir perjalanannya, Liu sudah sangat berpengalaman dan ramah. Dia juga tak lagi menjadi anak yang pemalu. 

"Pertama kali aku mengawalinya, aku benar-benar pemalu. Tapi, orang-orang begitu baik padaku. Ada sopir yang menawarkan untuk mengantarku ke tujuan, meskipun arah kami berlawanan," ujar Liu.


Liu mengaku ia juga tersentuh oleh kebaikan orang-orang asing. Perjalanan panjang selama 24 hari itu telah mengubah Liu menjadi wisatawan berpengalaman. 

"Ke depannya, aku mungkin akan mengirimnya untuk melakukan perjalanan lagi. Mungkin saja lain kali harus di Asia Tenggara," ujar sang ayah.

Sumber : Rocket News 24

1 comment:

  1. ayahnya seperti itu mungkin agar anaknya berani dan tidak pemalu lagi meskipun terlihat kejam tapi hasilnya bagus.. hehe

    ReplyDelete