Tuesday, October 21, 2014

Shirakawa & Gakoyama, Desa Pertanian Bersejarah di Jepang


Shirakawa dan Gakoyama adalah dua desa pertanian di Jepang yang terletak di Prefektur Gifu dan Toyama. Kedua desa ini terkenal dengan keberadaan gassho zukuri, rumah-rumah tradisional yang banyak di antaranya sudah berusia di atas 250 tahun. 

Gassho zukuri dibuat dengan beratapkan jerami yang sudutnya sangat miring dan menyerupai dua tangan yang membentuk posisi berdoa ala Jepang. Shirakawa dan Gakoyama juga dua tempat paling bersalju di dunia dan rumah ini diciptakan karena mengikuti iklim ini. Desainnya sangat kuat dengan kombinasi unik dari sifat jerami yang memungkinkan rumah untuk menahan dan melepaskan berat hujan salju sewaktu musim dingin.







Gaya arsitektur tradisional rumah ini bertahan selama ratusan tahun. Lokasi desa ini terpencil di hulu Sungai Shogawa, sebuah wilayah yang hadir sejak klan Taira abad ke-12 yang kemudian disapu bersih oleh klan Minamoto (Genji) dalam sebuah pertempuran 1185. Budaya masyarakat di desa ini tetap praktis dan tak berubah meski sudah terjadi modernisasi di Jepang. Rumah tertua di desa ini berusia 400 tahun. Di halaman rumah biasanya ditanami sawah pada musim panas dan semi.






Gassho zukuri terbesar biasanya dibuat dengan hingga 3-4 lantai. Lantai pertama menjadi tempat tinggal. Banyak petani yang beternak ulat sutra untuk persiapan musim dingin. Kebutuhan ruang tertutup besar untuk tempat tidur ulat sutra dan penyimpanan daun murbei merupakan faktor penting dalam pengembangan rumah gassho zukuri ini dan ditempatkan di lantai atas.







Desa Shirakawa dan Gakoyama mendapat perhatian seluruh dunia dan ditetapkan sebagai Warisan Budaya UNESCO pada Desember 1995. 

Sumber : Amusing Planet

1 comment: