Friday, October 3, 2014

Jepang Buat Penjara Khusus Wanita dengan Desain Serba Pink


Penjara khusus wanita di Jepang ini dihiasi dengan nuansa serba merah muda (pink) untuk menghilangkan stres narapidana. Di Jepang, saat ini terdapat lebih dari 3.440 narapidana wanita yang terbatas pada tujuh lembaga pemasyarakatan.

Penjara Matsuyama yang baru saja dibuka di Prefektur Ehime ini didesain khusus untuk narapidana perempuan. Penjara ini menawarkan berbagai fasilitas dan layanan khusus perempuan, namun yang paling mencolok sejauh ini adalah pintu jendelanya yang berjeruji dan furnitur yang serba pink. 

General Manager Penjara Matsuyama, Hidehito Nakahira mengatakan bahwa penjara ini dirancang dengan mempertimbangkan kenyamanan bagi narapidana perempuan. Penjara ini membuat mereka fokus pada pekerjaan dan kegiatan rehabilitasi yang memungkinkan penjaga dapat mengawasinya lebih muda.



Penjara ini juga dilengkapi dengan ruang ginekologi khusus perempuan. Fasilitas ini selesai pada 18 Agustus lalu dan menelan biaya hingga 1,5 juta dolar AS.


Sontak saja netizen bertanya-tanya tentang peruntukan penjara ini. Berbagai pendapat mengemuka, mengapa pihak penjara harus mengambil langkah-langkah seperti itu.

"Jangan buang-buang uang pajak yang sudah kubayarkan untuk omong kosong seperti ini," kata seorang netizen.

"Diskriminasi! Penjara pria juga harus memiliki dinding pink!" kata netizen lainnya.

"Ini terlihat begitu nyaman untuk seseorang yang melakukan kejahatan," kata lainnya.

Dostoyevsky pernah berkata, "Anda bisa menilai masyarakat melalui seberap baik mereka memperlakukan tahanan."

Dengan cara ini, kita bisa berpikir bahwa Jepang cukup peduli dan akomodatif untuk kebutuhan masyarakatnya, termasuk mereka yang berstatus narapidana.

Sumber : Rocket News 24, YouTube

1 comment:

  1. keren, di jepang ada penjara khusus wanita, penjaranya bagus pula dan di sediakan futon untuk tidur..

    ReplyDelete