Monday, October 20, 2014

10 Mesin Penjual Otomatis Paling Inovatif

Foto : Playbuzz

Mesin penjual otomatis atau vending machine bisa membagi-bagikan barang sesuai dengan yang kamu pesan, mulai dari makanan, minuman, alkohol, rokok, tiket lotere, produk kecantikan, produk perawatan rambut, atau bahkan emas dan permata kepada pelanggan. Hanya masukkan koin atau gunakan fasilitas kartu kredit maka kamu bisa mendapatkan apa yang kamu inginkan. 


Nah, di Tokyo, mesin penjual otomatis menjadi salah satu ikon kota. Mesin-mesin canggih tersebut tersebar dimana-mana dan sangat inovatif. Econers, berikut adalah 10 mesin penjual otomatis paling inovatif yang bisa kamu temukan di Jepang.

1. Mesin penjual apel di Shibuya

Foto : Daily Edge


Foto : Rocket News 24


Foto : Scout Japan

Mesin ini ditempatkan di Stasiun Shibuya dan menjual irisan apel yang telah dipotong dan ditambahkan dengan vitamin C di setiap paketnya. Pemilik berharap mesin ini bisa menjadi solusi penyajian camilan sehat dan juga bisa menjadi alternatif untuk sarapan.

2. Mesin penjual pisang di Shibuya

Foto : Shift East


Foto : Tokyobling

Sederhana saja, Anda tinggal mengelupas kulit buah ini. Awalnya, mesin ini dibuat karena banyak orang Jepang menyukai pisang. Pisang-pisang ini disimpan dalam suhu sekitar 13 derajat dan harganya berkisar antara 130-370 yen atau Rp 14 ribu hingga Rp 40 ribu. Memang, ini terbilang mahal untuk buah. Rencananya, mesin ini ke depannya akan didistribusikan di gym, sekolah, dan perkantoran.

3. Mesin penjual taiyaki di Shinbashi

Foto : Lost Tokyo


Foto : Time Out

Taiyaki adalah sebuah kue kenyal berbentuk ikan diisi dengan pasta kacang merah atau coklat. Rasanya sangat enak dinikmati dalam kondisi panas atau dingin. Harganya berkisar 380-570 yen atau Rp 42-64 ribu.  Mesin penjual otomatis ini ditemukan di Stasiun Shinbashi, Ginza.

4. Mesin penjual natto di Ikejiri Ohashi

Foto : Time Out


Foto : Vegout Tokyo

Natto adalah makanan fermentasi dari kedelai. Mesin penjual yang bisa ditemukan di Stasiun Ikejiri Ohashi ini menjual berbagai macam natto, seperti natto-furikake, amanatto, dan donat natto. 

5. Mesin penjual mainan di Ginza

Foto : Dream Go Live


Foto : Pinterest

Mesin ini terletak di Ginza dan penuh dengan mainan. Jika kamu ingin membeli mainan, maka tak harus masuk ke dalam toko. Cukup pergi ke belakang toko dan kamu akan menemukan mesin penjual mainan otomatis dan bisa langsung membelinya di sana.

6. Mesin penjual generasi baru di JS Station

Foto : En Gadget


Foto : Trens Update

Mesin yang disebut 'Next Generation' ini terdapat di beberapa stasiun, seperti Stasiun Shinagawa, Tokyo, Shibuya, Ikebukuro, Akihabara, Yokohama, Omiya, Chiba dan Hachioji. Mesin penjual ini dilengkapi monolit dan layar panel sentuh yang menampilkan semua item tersedia.

Tidak hanya itu, mesin ini memiliki sensor untuk menentukan umur dan jenis kelamin pelanggan yang terintegrasi dengan informasi lain, seperti suhu dan waktu. Mesin ini sangat unik karena bisa memberikan rekomendasi tentang apa yang sebaiknya Anda makan atau Anda minum pada kondisi tertentu.

7. Mesin penjual produk perawatan rambut di Harajuku

Foto : Lajollamon


Foto : Time Out

Mesin penjual otomatis ini ditempatkan di sebuah salon rambut Toni & Guy. Mesin ini tidak hanya menjual minuman, tapi juga berbagai produk perawatan rambut. Sebuah layar video sentral diapit kedua sisinya untuk menjual berbagai produk salon dan rambut, seperti alat pemotong rambut, hair spray, dan sampo.


8. Mesin Penjual t-shirt di Shimokitazawa

Foto : Sakura House

Foto : Time Out

Mesin ini khusus menjual kaos atau t-shirt dengan desain yang disesuaikan dengan lokasi dimana mereka dijual. Mesin ini sementara terdapat di depan Disk Union dan Recofan di Shimokitazawa. Mesin ini menampilkan berbagai kaos desain berbagai artis, termasuk Naoki Urasawa, Lily Franky dan Keiichi Sokabe. 


9. Mesin penjual hamburger di Horikiri

Foto : In Japan

Foto : Time Out

Anda cukup memasukkan koin 100 yen atau Rp 11 ribu ke dalam mesin ini maka sebuah hamburger akan keluar. Hanya saja, jangan membeli hamburger ini sekali banyak, karena koki yang berada di belakang mesin ini akan kebingungan membaca pesananan Anda.

Mesin ini sesungguhnya mengeluarkan hamburger buatan tangan seorang koki yang ada di balik mesin ini. Mereka menerima pesanan dan memasak hamburger dengan cepat. Lokasinya ada di Stasiun Horikiri Shobuen di Myogenji Mae.


10. Mesin penjual oden di Akihabara

Foto : Japan Air Line

Foto : Time Out

Di jalan dekat Chichibu Denki di Akihabara ada sebuah mesin penjual oden. Segala macam makanan kaleng bisa dibeli di sini, bukan hanya oden panas dan dingin, tapi juga ramen, tantanmen atau mie pedas khas Jepang, pasta dalam sup, kari risotto, mie goreng, dan udon.

Sumber : All Unique Things 

1 comment:

  1. mesin penjual otomatis memang sangat banyak sekali di jepang dan sekarang sudah berpariasi bukan hanya menjual minuman saja, kreatif sekali..

    ReplyDelete