Monday, October 20, 2014

5 Hewan di Dunia yang Jago Berhitung

Foto : Examiner

Memang, hewan pada umunya tidak pandai berhitung seperti manusia karena mereka tidak memiliki akal pikiran. Akan tetapi, sebagian hewan juga bisa dilatih atau memang sudah mempunyai kemampuan berhitung. Berikut adalah lima hewan yang memiliki kemampuan unik di bidang aritmatika. 

1. Ayam

Foto : Christ the Guru

Foto : The Sun

Di Inggris, ada ayam yang pintar berhitung. Ayam itu bernama JJ dan mampu melakukan trik pada kartu. JJ dimiliki seseorang bernama Helen Rose. JJ mampu mengingat pola gambar pada kartu. Ketika Helen menunjukkan kartu, maka JJ akan mematuk kartu sesuai dengan nomor pada kartu. Saat ini, JJ bisa menghitung mulai dari 1 sampai 8. Video berikut menunjukkan keahlian JJ yang akan membuat Anda terpesona.


2. Anjing

Foto : Daily Mail

Foto : Daily Mail

Di Provinsi Jiangsu, China ada seekor anjing yang pintar aritmatika. Anjing itu bernama Potato, milik seseorang bernama Lu Zeshen. Berdasarkan pengakuan Lu, Potato bisa melakukan perhitungan perkalian, pengurangan, penambahan, dan pembagian. Bahkan, Potato bisa menghapal nomor telepon dan menghapal usia seseorang. Video berikut menunjukkan keahlian Potato yang akan membuat Anda terpukau.


3. Merpati

Foto : Odt

Foto : Why Files

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Dr. Damian Scarf dari Universitas Otago, merpati memiliki kemampuan untuk menghitung dan mengurutkan angka. Hasil ini sangat mengejutkan peneliti. Mereka awalnya berpikir hanya primata yang memiliki kemampuan untuk menghitung.

Burung merpati bisa melakukan perhitungan dengan cara mengingat benda-benda yang diajarkan padanya. Merpati akan mengingat bentuk benda itu dan menghitungnya.

4. Lumba-Lumba

Foto : Highlight Kids

Foto : NBC News

Hewan lain yang memiliki kemampuan untuk menghitung adalah lumba-luma. Berdasarkan penelitian dari Universitas Southampton, Inggris, lumba-lumba memiliki kemampuan berhitung yang digunakan ketika berburu mangsa. 

Lumba-lumba akan membuat gelembung udara, sehingga mangsa terjebak dan bergerak ke arah lumba-lumba. Dengan kemampuan echolocation, lumba-lumba menggunakan sonar untuk menentukan mangsa. Sonar berguna untuk membantu lumba-lumba membedakan ikan. Mereka akan menghitung umpan balik dari sonar yang dipancarkan.

5. Lebah

Foto : Math Munch

Foto : Matter of Trust

Berdasarkan penelitian, lebah adalah serangga pertama yang mampu memecahkan masalah matematika, seperti menentukan rute terpendek mencari sumber makanan. Lebah akan memberikan sinyak kepada lebah lain tentang arah, sudut, dan jarak antara sarang dengan sumber makanan. Mereka juga mampu membuat saran berbentuk segi enam yang sangat rapi dan berukuran sama.

Sumber : All Unique Things

1 comment:

  1. wahh ternyata ayam dan merpati juga termasuk hewan yang pintar berhitung ya, terimakasih informasinya.

    ReplyDelete