Thursday, October 16, 2014

Rahasia yang tak Pernah Dikatakan Pilot Padamu di Pesawat

Foto : USA Today
Menjadi pilot adalah tanggung jawab berat karena menyangkut kehidupan ratusan penumpang. Sebagai sebuah profesi, pilot itu menuntut keahlian dan skill dalam mengemudikan sebuah kapal terbang besar. Menjadi pilot itu tentu mempunyai suka dan duka. Namun, yang terpenting adalah memastikan seluruh penumpang bisa menikmati penerbangannya dengan nyaman. 

Econers, berikut adalah 13 rahasia pilot yang mungkin tak pernah dikatakannya padamu di dalam pesawat. Ada baiknya kamu membaca dan mengetahuinya sendiri. 
1. Pilot mungkin saja berseragam, tapi bukan berarti dia tahu segalanya tentang bandara. Pilot telah begitu banyak berada di bandara berbeda dan jika ada penumpang yang bertanya tentang bandara padanya, sang pilot lebih banyak tidak tahu.
2. Pilot itu sering lelah. Peraturan kerjanya memungkinkan seorang pilot bertugas hingga 16 jam tanpa istirahat, sama seperti seorang sopir truk. Bedanya, jika sopir truk mengantuk, maka dia bisa menepi di rest area untuk istirahat sejenak, sedangkan pilot tidak bisa menepi di awan berikutnya.
3. Kita selalu melihat pilot itu memakai topi. Tapi jika berada di kokpit pesawat, pilot tak pernah memakai topinya. Mereka akan selalu menggunakan headset besar.
4. Apakah pilot pernah tidur saat menerbangkan pesawat? Pasti. Kadang-kadang mereka hanya 10 menit tertidur sebentar. Yang jelas, pilot pasti pernah tidur ketika menerbangkan pesawat.
5. Aliran udara dalam pesawat itu dari depan ke belakang. Jadi, semakin ke depan Anda duduk, semakin segar udara yang Anda dapatkan. Udara terpanas biasanya berada di bagian belakang pesawat.
6. Pramugari senantiasa meminta penumpang membuka penutup jendela. Tujuannya, supaya pramugari bisa melihat sewaktu-waktu bagaimana keadaan di luar sana, apakah darurat, di sisi mana sebaiknya melakukan evakuasi penumpang, dan sebagainya. Ini juga agar cahaya matahari masuk ke kabin pesawat dan membantu penumpang cepat dievakuasi jika pesawat dalam keadaan membalik atau berguling.
7. Pramugari tidak bermaksud merusak kesenangan Anda dengan meminta Anda melepas headphone ketika pengumuman pesawat berlangsung. Mereka hanya ingin Anda dapat mendengar pengumuman jika sekiranya sedang dalam keadaan darurat.
8. Tempat duduk relatif bebas guncangan itu adalah di bagian deretan sayap alias bagian tengah. Sebuah pesawat itu ibarat jungkat-jungkit. Jika Anda berada di tengah, maka Anda tidak akan bergerak banyak.
9. Tidak ada istilah tempat duduk paling aman di dalam pesawat. Dalam satu kecelakaan, semua penumpang yang duduk di deretan ekor pesawat meninggal, di kecelakaan lain seluruh penumpang yang duduk di bagian depan kabin pesawat yang mengalaminya.
10. Istilah pendaratan darurat di laut itu tidak ada. Jika pilot memberitahumu demikian, maka itu berarti pesawat tidak bisa tertolong lagi, demikian juga penumpang dan pilotnya.
11. Kadang-kadang maskapai tidak akan memberi kita istirahat untuk jam makan siang atau menyediakan waktu makan dan mengosongkan penerbangan di jam makan. Jadi, sedia selalu makanan pribadi.
12. Di beberapa bandara dengan landasan pacu sangat pendek, pilot manapun tidak akan pernah mendarat dengan mulus, tidak peduli seberapa ahli sang pilot.
13. Seorang pilot selalu mengusahakan penerbangannya tepat waktu supaya perusahaan maskapainya mencatat track record yang lebih baik mengenai kedatangan tepat waktu (on time arrival).
Sumber : List25

1 comment:

  1. banyak sekali ya rahasia-rahasia yang tidak di katakan para pilot.

    ReplyDelete